VIDEO #1 (Maret) - 29 cara untuk menjadi kreatif

PROKER MEDJAR 2010

Sabtu, 20 Februari 2010

Program Kerja Bidang Media dan Jaringan

UKMF Penelitian Reality

2010

Visi

Membentuk media yang kokoh untuk pencitraan organisasi

Misi

1. Membentuk forum media yang kokoh dan bergerak secara kontinyu

2. Pengembangan jaringan di fakultas dengan UKMF dan HIMA

3. Pengembangan jaringan eksternal dengan kunjungan ke media dan pihak lain

4. Membentuk forum diskusi penelitian.

5. Pengkaderan pengurus bidang keahlian media dan jaringan.

Gambaran Umum

Bidang media dan jaringan adalah bidang yang bergerak pada pencitraan organisasi. Pentingnya pencitraan adalah sebagai sarana untuk memperkenalkan organisasi agar semakin dekat dengan civitas akademika Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY.

Diakui atau tidak, selama ini media sebagai sarana pencitraan organisasi masih belum bisa dimanfaatkan secara optimal. Padahal, sebuah organisasi membutuhkan publikasi untuk memperkenalkannya pada khalayak. Dengan adanya kedekatan, meskipun hanya dengan tulisan tetapi bisa mewakili kedekatan terhadap pihak lain.

Di samping itu, kedekatan organisasi berusaha dijembatani melalui jaringan yang sedang dibangun. Berusaha memperluasnya sedikit demi sedikit ke berbagai pihak, baik di dalam maupun luar organisasi. Harapannya, kedekatan terjalin semakin erat dengan pencitraan yang dilakukan secara terus-menerus.

Tentu saja, organisasi yang baik adalah organisasi yang dapat membentuk kader yang kokoh dan berkompeten di bidangnya. Untuk itulah, kemampuan anggota harus ditingkatkan melalui berbagai cara seperti melalui forum-forum diskusi dan konsultasi dengan ahlinya.


Staff

Kepala bidang :
Isdiyono
Sekretaris :
Novi Maesaroh
Bendahara :
Izza Aini Rosidah
Kadiv media :
Tara Ardyanto
Staff
Sukma Wijayanto
Galih Pranowo
Tri Lestari
Esti
Kadiv jaringan :
Tri Yogi Fitri Rahmantyo
Staff
Okta Nurwulan
Adhi Putri Rilianti
Ayu


Tim Penelitian & Karya

Tim 1 Tim 2 Tim 3

1. SukmaWijayanto 1. Izza Aini R. 1. Tri Yogi F.R.

2. Adi Putri 2. Isdiyono 2. Tara Ardyanto

3. Novi Maesaroh 3. Esti 3. Okta Nurwulan

4. Ayu 4. Galih 4. Tri Lestari


Tim Majalah

1. Jurnal : Isdiyono, Sukma Wijayanto

2. Refleksi : Tara Ardyanto

3. Pend. Dini : Adhi Putri

4. Sejarah : Galih

5. Setetes Embun : Izza

6. Pendidikan & opini : Tri Yogi


Tim Reporter

All crew


Data dan Fakta Kekuatan Personil

Kamera : Izza, Tara (hp), Sukma (hp), Galih (hp)

Komputer : Yogi, Tara, Galih

Sepeda motor : Yogi, Galih, Sukma

Dualisme Organisasi :

1. Isdiyono UKMF Reality & BEM Rema UNY

2. Novi M. UKMF Reality & Hima PGSD

3. Izza Aini UKMF Reality & Hima Pgsd

4. Tara Ardyanto UKMF Reality, KMIP, Hima (Depsos), Madawirna, Kammi

5. Sukma UKMF Reality, Hima (Humas), Kammi

6. Galih UKMF Reality, Hima, Madawirna

7. Esthi UKMF Reality

8. Tri Yogi UKMF Reality & Hima (Kabid PSDM)

9. Okta Nur UKMF Reality

10. Adhi Putri UKMF Reality & Hima (Bendahara)

11. Ayu UKMF Reality, Hima, Madawirna

12. Tri Lestari UKMF Reality & KKn (Bendahara)

Program Kerja

1. Buletin

Buletin merupakan program utama dari bidang media dan jaringan (medjar). Rencananya, waktu terbit adalah setiap satu bulan sekali. Buletin memiliki misi penting dalam pencitraan media yaitu sebagai pusat media propaganda dan informasi.

Adapun indikator yang digunakan untuk menilai keberhasilan adalah mampu terbit selama minimal 10 kali selama periode 2010. Nama bulletin UKMF Reality telah ditetapkan yaitu Re’magz, singkatan dari Reality’s Magazine.

2. Kunjungan media

Kunjungan media adalah sebuah program yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman pengurus. Bagi bidang medjar sendiri, kunjungan ini memiliki arti penting untuk publikasi organisasi dan pembelajaran dengan media yang independen di bidang media.

Target dalam program ini adalah tercapai empat kali selama kepengurusan. Adapun tempat yang dituju adalah media massa yang terdapat di Yogyakarta, atau yang memiliki kantor cabang di Yogyakarta. Media yang ditunjuk adalah Kedaulatan Rakyat, Kompas, Harian Jogja (Harjo) dan Bernas Jogja.

3. Majalah

Sebagai organisasi yang bergerak di bidang penelitian, Reality membutuhkan media untuk pembelajaran terkait dengan publikasi karya. Dalam hal ini, reality berusaha memfasilitasi meski dalam ruang yang terbatas karya-karya mahasiswa FIP agar terdokumentasikan.

Target yang dibebankan adalah terbit dua kali selama kepengurusan yaitu di setiap akhir semester. Pelaksana adalah tim media yang sudah dibentuk dalam kepengurusan bidang media dan jaringan UKMF Reality. Majalah ilmiah reality dpertama kali terbit pada tahun 2009 dengan nama Abstract.

4. Studi komparatif

Studi komparatif adalah sebuah program yang didesain khusus untuk membandingkan kinerja UKMF Reality dengan organisasi yang lain. Baik organisasi yang bergerak di bidang penelitian ataupun pendidikan.

Pada kepengurusan tahun ini, UKMF Penelitian Reality melalui bidang medjar akan mengadakan studi komparatif ke televise edukasi (TVE). Hal ini penting untuk mengetahui ranah gerak TVE dalam bidang edukasi. Bahwa pendidikan tidak selalu terlibat dalam kegiatan pembelajaran di dalam kampus saja, tetapi dapat melalui kegiatan di lapangan.

5. Forum berlima

Forum berlima adlaah sebuah program khusus tahunan yang bertugas untuk menangani Stadium General penelitian di UNY. Kepanitiaan dibentuk dari semua fakultas yang ada di UNY, bergabung dengan pembagian tugas yang disepakati bersama-sama. Tujuan Forum Berlima adalah sebagai panitia yang menangani dan mengarahkan mahasiswa yang berminat dalam bidang penelitian.

Pelaksanaan Forum berlima dibentuk menjelang OSPEK dan hanya sekali terbentuk. Artinya, kepanitiaan ini resmi dibubarkan ketika kepanitiaan berakhir.

6. Blog & Fb

Blog dan facebook adalah sarana yang dipilih untuk mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan oleh Reality atau civitas akademika FIP UNY. Tujuannya adalah untuk memperluas jaringan dan informasi Reality agar dinikmati oleh mahasiswa FIP UNY secara luas dan mudah.

Dipilihnya kedua media ini adalah dengan mengingat bahwa kedua media maya ini akrab dalam keseharian mahasiswa. Sehingga, ketika mahasiswa sibuk dengan kegiatannya, mereka masih mungkin untuk mengakses informasi seputar penelitian dan aktivitas UKMF penelitian Reality.

7. Data base tulisan

Data base tulisan adalah sebuah program untuk mendokumentasikan tulisan-tulisan mahasiswa FIP UNY di media massa. Program ini dimaksudkan untuk mengumpulkan bukti keilmuan mahasiswa khususnya di bidang pendidikan dalam bentuk kumpulan tulisan.

Hal ini bentuk dukungan Reality dalam menghargai tulisan-tulisan mahasiswa FIP UNY. Bahwa salah satu aspek penting keilmuan mahasiswa dalam bidang pendidikan adalah sebuah pemikiran. Dengan pemikiran-pemikiran baru terhadap kenyataan di masyarakat adalah bentuk dinamika perkembangan keilmuan, terutama ilmu pendidikan.

Anggaran

Sesuai dengan GBHK dan AD-ART Reality 2010, maka sumber-sumber dana UKMF Penelitian Reality adalah berasal dari Fakultas dan sumber lain yang halal dan tidak mengikat. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan yang telah tercantum dalam program.



Kepala Bidang Medjar




ISDIYONO

NIM. 08108241128

0 komentar:

Posting Komentar