VIDEO #1 (Maret) - 29 cara untuk menjadi kreatif

Impian Itu Adalah : Mendukung Penelitian

Kamis, 11 Februari 2010

Awalan adalah sebuah pijakan untuk menentukan langkah apa yang akan diambil ke depan. Berawal dari sebuah mimpi, cita-cita secara perlahan mulai diwujudkan. Tentu saja melalui tahapan-tahapan yang membutuhkan perbaikan. Setiap detiknya sarat akan persiapan yang berusaha dimaksimalkan.Tak ada kata mundur, kepastian adalah menatap masa depan dengan penuh optimis. Itulah makna pelantikan, sebagai salah satu langkah dalam mewujudkan mimpi itu.
Begitulah yang dapat kita resapi bersama tentang makna pengukuhan pengurus ormawa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta ini. Mulai dari himpunan mahasiswa yang ada di pusat, wilayah 1, 2 dan wates, UKM Fakultas, DPM dan Badan Eksekutif Mahasiswa. Sebuah tanggung jawab baru telah dimulai, untuk mengemban amanah suci atas terciptanya iklim organisasi yang kokoh di tingkat fakultas.
UKMF Reality memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan diri sebagai bagian dari keluarga besar organisasi mahasiswa FIP. Dengan latar belakang penelitian, Reality berusaha untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam bidang bakat dan minat, khususnya di bidang penulisan ilmiah. Tentu saja dengan persiapan yang direncanakan seoptimal mungkin.
Penelitian sebagai salah satu bidang bakat dan minat adalah sebuah instrument penting mahasiswa dalam mengembangkan keilmuannya. Sehingga tidak salah jika penelitian menjadi salah satu komponen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian adalah fase kedua setelah pendidikan. Penelitian sebagai kepanjangan tangan dari pengamalan ilmu yang didapat mahasiswa di bangku perkuliahan. Aktivitas ini adalah sebagai bukti bahwa ilmu tidak hanya dimiliki oleh para intelektual muda, tetapi harus ditransfer pada masyarakat.
Dalam usaha mewujudkan hal teresebut, UKMF Penelitian Reality bergerak secara beersama-sama. Dengan kinerja pengurus, didukung penuh oleh pihak fakultas dalam kebijakan, kemahasiswaan dalam hal pendanaan dan seluruh civitas akademika FIP UNY, UKMF Penelitian Reality berusaha memberikan yang terbaik. Tanpa adanya hubungan yang sinergis dalam masing-masing komponen, maka mimpi itu tinggal menjadi sebuah harapan kosong.
Reality berusaha seluas mungkin untuk membudayakan aktivitas berpikir ilmiah dalam lingkungan kampus. Tentu saja sesuai dengan kapasitasnya, mengingat banyak kritik dari masyarakat bahwa mahasiswa sudah kehilangan fungsinya. Kurangnya ruang diskusi menjadi sorotan tajam dalam aktivitas kemahasiswaan. Kalau kita ingat sejarah masa lalu, lulusan mahasiswa adalah menjadi seorang pemimpin di bidangnya masing-masing. Meenjelma sebagai tokoh nasional yang berjuang untuk bangsanya. Sekarang, lulusan mahasiswa tak lebih menjadi seorang job hunter, minim kemampuan berpikirnya.
Melalui penelitian, Reality berusaha memberikan paradigma pada teman-teman mahasiswa untuk sedikit mengubah pandangan. Bahwa masih banyak yang dapat kita lakukan untuk masyarakat ketika menjadi mahasiswa. Idealisme yang kokoh adalah salah satu indikatornya, sebagai kaum intelektual muda. Namun, idealisme itu harus didukung dengan nilai-nilai keilmiahan yang akurat. Jangan sampai ada mahasiswa yang berkata tanpa fakta ketika berbicara mengenai keilmuannya.
Reality hadir dan merangkul seluruh mahasiswa FIP UNY yang ingin berpartisipasi dalam penelitian, baik sebagai pengurus maupun anggota dan mahasiswa umum. Dengan segala keterbatasannya, Reality berusaha untuk mewujuskan mimpi-mimpi itu. Berusaha membudayakan aktivitas penelitian di kampus pendidikan tercinta ini. Karena harapan itu masih ada.
Isdiyono, Kepala Bidang Media dan Jaringan UKMF Penelitian Reality

0 komentar:

Posting Komentar