VIDEO #1 (Maret) - 29 cara untuk menjadi kreatif

Lokakarya Reality

Sabtu, 20 Maret 2010

Ciri-ciri manusia modern adalah dengan adanya perencanaan demi tercapainya tujuan dan hasil yang maksimal. Begitulah sebuah impian yang coba dibangun UKMF REALITY sebagai organisasi yang ingin meningkatkan kultur ilmiah di lingkungan FIP UNY. Untuk mencapai tujuan tersebut,dibutuhkan perencanaan untuk mencapai tujuan semaksimal mungkin. Perencanaan ini telah dilaksanakan dalam Lokakarya Reality pada Minggu, 28 Februari 2010 di Lapangan Hijau FIP UNY.
Bidang PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) menyusun program kerja dengan sasaran peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik pengurus maupun mahasiswa FIP UNY secara keseluruhan. Training organisasi, eksplorasi pengurus dan monitoring IP & IPK pengurus adalah program internal agar pengurus menjadi selangkah lebih maju. Sedangkan untuk mahasiswa FIP UNY sendiri difasilitasi untuk menyalurkan bakat pada penelitian melalui Reality School dan Eksplorasi. Selain itu, bidang kaderisasi REALITY ini juga bekerja sama dengan HIMA Jurusan dalam Diskusi Bersama Forum Penalaran HIMA.
Dalam mengembangkan penelitian secara lebih mendalam, bidang SI (Studi Ilmiah) merencanakan berbagai program kerja, seperti Tour to Jurusan sebagai pengenalan penelitian ke seluruh jurusan di FIP, Komunitas Penelitian, SIDAK REALITY, Reality Award dan seminar-seminar. Harapannya, dengan program-program SI ini, mahasiswa FIP UNY dapat memahami dan selalu mengembangkan penelitian.
Selain melalui forum dan kegiatan penelitian, UKMF REALITY memiliki media, baik untuk mengenalkan REALITY sendiri maupun info-info penelitian, pendidikan dan info-info aktual. Media ini berupa Buletin yang ditargetkan terbit setiap bulan, Majalah (terbit dua kali dalam kepengurusan 2010), Blog dan Facebook. Bidang MedJar (Media dan Jaringan) bertanggung jawab pada program-program ini. Sebagai studi pembelajaran dalam pengembangan jaringan, bidang MedJar merencanakan menjalin kerja sama dengan media massa melalui Kunjungan Media dan Studi Komparatif. Kunjungan Media pada kepengurusan kali ini akan dilaksanakan di Kedaulatan Rakyat, Kompas, Harian Jogja, dan Bernas Jogja. Sedangkan Studi Komparatif akan dilaksanakan di Balai Penelitian Yogyakarta. Selain itu, mahasiswa FIP UNY yang menghasilkan karya-karya dalam media, baik internal maupun ekstenal kampus akan didokumentasikan dalam Data Base Tulisan. Pengumpulan karya-karya mahasiswa ini dapat menjadi parameter seberapa banyak hasil karya mahasiswa dan untuk pemantauan perbaikan ke depannya. Bidang MedJar juga membantu pelaksanaan Studium General UKM Penelitian dalam kegiatan Forum Berlima sebagai pengenalan UKM Penelitian kepada mahasiswa baru.
Itulah semua program kerja yang dibahas dalam Lokakarya REALITY. Kerja sama dari seluruh mahasiswa sangat kami harapkan. Semoga dengan perencanaan ini, kita selalu dapat “Berpikir cerdas, berwawasan luas”. SALAM PENELITIAN!!
Adhi Putri Rilianti, Mahasiswa PGSD Kampus 3 FIP UNY


UPGRADING REALITY

Kepengurusan baru sebuah organisasi membutuhkan penyatuan visi dan misi serta pengenalan lebih jauh secara personal demi meningkatkan kesolidan organisasi tersebut. DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) UKMF REALITY mengadakan Up Grading REALITY 2010 bagi pengurus baru pada Minggu, 7 Maret 2010 di Pantai Kuwaru Yogyakarta demi tercapainya tujuan tersebut. Dalam acara ini, pengurus dites kemampuannya untuk berani melakukan penelitian secara berkelompok melalui berkenalan dengan pengunjung non-Bantul. Nyali para pengurus juga diuji dengan mewajibkan adanya cinderamata dari pengunjung tersebut sebagai bukti perkenalan. Target yang dicapai adalah sepuluh orang dengan waktu 15 menit saja. Setelah semua berpencar sesuai dengan kelompok masing-masing, 15 menit kemudian para pengurus kembali dengan membawa cinderamata yang unik-unik. Ada yang mendapatkan buah apel, rambutan, gantungan kunci, uang, pita, rokok beserta bungkusnya, bahkan ada yang mendapat kulit semangka. Sungguh permainan yang membutuhkan keberanian dan kerja sama yang tinggi.
Permainan kedua menguji kreativitas dan kemampuan berbicara para pengurus baru. Dengan sedotan yang dipotong-potong sepanjang jari tangan, para pengurus baru diminta untuk menyusun sebuah sarang burung kemudian dipresentasikan apa makna sarang burung tersebut dengan bahasa yang berbeda-beda. Kelompok I menjelaskan dengan bahasa Jawa ngapak, kelompok II dengan Bahasa Cina, Kelompok III bahasa Madura, kelompk IV bahasa Ambon, dan kelompok V menggunakan bahasa gaul. Tawa yang terlepas karena aneh mendengar bahasa yang tidak biasa digunakan ini membuat suasana semakin akrab. Terlebih lagi ketika permainan ketiga yaitu membuat istana dan beteng pasir di tepi pantai. Setiap kelompok harus melindungi beteng yang sedang dibangun agar tidak hancur diserang kelompok lain menggunakan bom air. Kerja sama, strategi, dan kepemimpinan sangat diperlukan untuk memenangkan permainan ini. Para pengurus saling lempar bom air menghancurkan tembok kelompok lain. Namun, yang dilempar bukannya temboknya malah orang-orangnya. Basahlah semua peserta karena serangan-serangan tak bertanggung jawab ini. Walaupun demikian, keceriaan tetap membersamai kami para pengurus baru.


KUNJUNGAN MEDIA I

Kunjungan Media merupakan salah satu program kerja bidang MedJar UKMF REALITY untuk menambah pengetahuan pengelolaan media dan pengembangan jaringan. Dalam kepengurusan periode 2010, kunjungan media perdana akan dilaksanakan di Kedaulatan Rakyat pada Sabtu, 13 Maret 2010. Namun, kunjungan ini difokuskan kepada pengurus saja. Untuk mahasiswa non pengurus, tunggu saja transfer ilmu dari pengurus REALITY. =^_^=

Adhy Putri Rilianti, Mahasiswa PGSD Kampus 3 FIP UNY

0 komentar:

Posting Komentar